PENGARUH IKLAN OBAT DEMAM ANAK DI TELEVISI TERHADAP TINDAKAN SWAMEDIKASI OBAT DEMAM ANAK PADA KADER POSYANDU DI KABUPATEN BANYUMAS

UTAMI, MAYDIANA PUTRI (2018) PENGARUH IKLAN OBAT DEMAM ANAK DI TELEVISI TERHADAP TINDAKAN SWAMEDIKASI OBAT DEMAM ANAK PADA KADER POSYANDU DI KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pravelensi masyarakat untuk melakukan pengobatan sendiri dari tahun ke tahun semkain meningkat. Pengobatan sendiri umumnya dilakukan untuk mengatasi gejala yang ringan. Penyakit yang sering dikeluhkan oleh orang tua kepada anaknya yaitu demam. Untuk melakukan pengobatan sendiri maka dibutuhkan sebuah informasi yang benar dan aman. Informasi dapat dari berbagai sumber salah satunya yaitu televisi. Iklan televisi merupakan sumber utama informasi mengenai obat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh iklan obat demam anak ditelevisi terhadap tindakan swamedikasi obat demam anak pada kader Posyandu di Kabupaten Banyumas. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik kategorik dengan rancangan penelitian cross sectional. Penelitian ini dilakukan di beberapa kecamatan wilayah Kabupaten Banyumas. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan simple random sampling dan didapatkan jumlah responden sebanyak 112 orang. Instrumen yang digunakan berasal dari data kuesioner, yang diisi oleh responden. Analisis data dengan menggunakan uji fisher exact test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh iklan obat di televisi terhadap tindakan swamedikasi obat demam anak memiliki nilai signifikan p yaitu 0,568. Kesimpulan yang didapat yaitu tidak adanya pengaruh iklan obat di televisi terhadap tindakan swamedikasi obat demam anak pada kader Posyandu di Kabupaten Banyumas

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Much Ilham N Aji Wibowo, M.PH.,Apt dan Elza Sundhani, M.Sc.,Apt
Uncontrolled Keywords: iklan obat, demam anak, swamedikasi demam
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jul 2019 06:01
Last Modified: 04 Jul 2019 06:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8733

Actions (login required)

View Item View Item