PEER EDUCATION SEBAGAI UPAYA PROMKES APOTEKER UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PELAJAR DI SMK KARYA TEKNOLOGI 1 JATILAWANG MENGENAI KASUS PENYALAHGUNAAN OBAT

RAMDANI, MUHAMAD AWALUDIN RIZQI (2018) PEER EDUCATION SEBAGAI UPAYA PROMKES APOTEKER UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PELAJAR DI SMK KARYA TEKNOLOGI 1 JATILAWANG MENGENAI KASUS PENYALAHGUNAAN OBAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kasus penyalahgunaan obat semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sebagian besar kasus penyalahgunaan obat dilakukan oleh para remaja khususnya para pelajar yang duduk di bangku SMP maupun SMA, karena pada masa remaja sedang mengalami keadaan emosional yang labil dan mempunyai keinginan besar untuk mencoba serta mudah terpengaruh oleh lingkungan dan teman sebaya yang juga menyalahgunakan obat. Oleh karena itu untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap di kalangan pelajar diperlukan strategi promosi kesehatan salah satunya dengan menggunakan metode peer education. Metode ini dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok, melalui pemberian informasi kesehatan antar kelompok sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh promosi kesehatan oleh Apoteker dengan metode peer education terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pelajar di SMK Karya Teknologi 1 Jatilawang mengenai kasus penyalahgunaan obat. Hasil uji McNemar menunjukan adanya peningkatan pengetahuan dan sikap. Untuk pengetahuan pada pre-test diperoleh nilai ratarata 5,88 dan post-test rata-rata 7,64. Sedangkan untuk sikap pada pre-test diperoleh nilai rata-rata 6,00 dan post-test rata-rata 8,10. Kesimpulan, pemberian edukasi dengan menggunakan metode Peer Eduation dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap pelajar mengenai kasus penyalahgunaan obat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Githa Fungie Galistiani, M.Sc.,Apt dan Ibu Ika Nurjizah,M.Sc.,Apt
Uncontrolled Keywords: Penyalahgunaan obat, peer education, pengetahuan, sikap
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jul 2019 02:11
Last Modified: 04 Jul 2019 02:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8729

Actions (login required)

View Item View Item