PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR MELALUI STRATEGI PREDICT DISCUS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) DI KELAS V SDN 1 KARANGTURI

APRILIANI, ANGGUN (2018) PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR MELALUI STRATEGI PREDICT DISCUS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) DI KELAS V SDN 1 KARANGTURI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa. Kondisi tersebut muncul karena guru masih sebatas memberikan pengetahuan dan pemahaman siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan siklus pada setiap pertemuan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N I Karangturi Kabupaten Purbalingga dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa yang terdiri dari dari 18 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pemerolehan data sikap ilmiah yaitu dengan menggunakan lembar angket sikap ilmiah dan lembar kerja siswa, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil diperoleh presentasi sikap ilmiah pada siklus I yaitu 66,7% , meningkat pada siklus II menjadi 80,7%. Ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I yaitu 76,38% meningkat menjadi 80,76% pada siklus II. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran PDEODE dapat meningkatkan sikap ilmiah san prestasi belajar siswa kelas V SD N I Karangturi pada materi pelajaran IPA di SD N I Karangturi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si, dan Badarudin, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: sikap ilmiah, stategi PDEODE, prestasi belajar, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 16 May 2019 01:15
Last Modified: 16 May 2019 01:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8689

Actions (login required)

View Item View Item