UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN DAN SIMETRI KELAS V SD NEGERI KARANGRAU

GUSTINI, NITA (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN DAN SIMETRI KELAS V SD NEGERI KARANGRAU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Nita Gustini_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nita Gustini_BAB I.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nita Gustini_BAB II.pdf

Download (786kB) | Preview
[img] Text
Nita Gustini_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text
Nita Gustini_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Nita Gustini_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
Nita Gustini_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text
Nita Gustini_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik materi kesebangunan dan simetri melalui model Contextual Teaching And Learning (CTL). Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Karangrau yang berjumlah 28 peserta didik. Jenis pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dimana 1 pertemuan terdiri 3 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan peserta didik. Untuk memperoleh data hasil belajar aspek afektif dan aspek psikomotor menggunakan lembar penilaian afektif dan lembar penilaian psikomotor. Untuk data hasil belajar aspek kognitif diperoleh dari tes evaluasi akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar aspek kognitif siklus I diperoleh ratarata nilai 68 dengan kriteria baik, dan ketuntasan belajar sebesar 46,42% dengan kriteria kurang. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 84,82 dengan kriteria sangat baik, dan ketuntasan belajar sebesar 87,5% dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini juga meningkatkan hasil belajar pada aspek afektif dan psikomotor. Hasil belajar aspek afektif diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 71,52%, termasuk ke dalam kriteria baik, dan pada siklus II nilai ratarata sebesar 89,01% termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Sedangkan hasil belajar aspek psikomotor diperoleh presentase nilai rata-rata siklus I sebesar 71,65%, dengan kriteria baik dan pada siklus II sebesar 87,72% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Dengan demikian disimpulkan bahwa model Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri Karangrau.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Pratik Hari Yuwono, M.A.,& Sri Muryaningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil belajar, Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amri Hariri, SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:12
Last Modified: 22 Apr 2019 04:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8654

Actions (login required)

View Item View Item