PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DIBANTU DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD N 2 KARANGREJA

SAPUTRA, RIZKI (2018) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DIBANTU DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD N 2 KARANGREJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_RIZKI SAPUTRA_PGSD'18.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_RIZKI SAPUTRA_PGSD'18.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_RIZKI SAPUTRA_PGSD'18.pdf

Download (910kB) | Preview
[img] Text
BAB III_RIZKI SAPUTRA_PGSD'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
BAB IV_RIZKI SAPUTRA_PGSD'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_RIZKI SAPUTRA_PGSD'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_RIZKI SAPUTRA_PGSD'18.pdf

Download (875kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_RIZKI SAPUTRA_PGSD'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai siswa dalam pelajaran IPS di kurikulum tingkat satuan pendidikan. Keterampilan berpikir kritis yang rendah berimbas dengan prestasi belajar yang rendah karena keduanya merupakan ranah kognif, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS melalui model Learning Cycle 5E dibantu media Puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 13 siswa yakni 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Alat pengumpulan data diperoleh dari hasil tes keterampilan berpikir kritis untuk mengetahui keterampilan siswa dalam berpikir kritis dan evaluasi tertulis untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siklus I yaitu rata-rata 1,97 menjadi 2,69 pada siklus II, sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 46,15% pada siklus I menjadi 76,92% pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Learning Cycle 5E dibantu media Puzzle pada pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 2 Karangreja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Okto Wijayanti, S.Pd, M.A dan Agung Nugroho, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: IPS, model Learning Cycle 5E, media Puzzle, keterampilan berpikir kritis, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:38
Last Modified: 12 Apr 2019 02:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8646

Actions (login required)

View Item View Item