DESKRIPSI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO

PUJIATMOKO, ENDRI (2018) DESKRIPSI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ENDRI PUJIATMOKO_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ENDRI PUJIATMOKO_BAB I.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ENDRI PUJIATMOKO_BAB II.pdf

Download (949kB) | Preview
[img] Text
ENDRI PUJIATMOKO_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img] Text
ENDRI PUJIATMOKO_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ENDRI PUJIATMOKO_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img]
Preview
Text
ENDRI PUJIATMOKO_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (907kB) | Preview
[img] Text
ENDRI PUJIATMOKO_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusing drawing/ verivication). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D. Siswa dikelompokkan ke dalam tiga kelompok berdasarkan prestasi, yaitu kelompok siswa prestasi tinggi, sedang, dan rendah. Masing-masing kelompok dipilih dua responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil yang diperoleh bahwa, siswa dari kemampuan prestasi tinggi sudah memiliki kemampuan koneksi matematis dengan baik, karena dapat mengaplikasikan hubungan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari, menggunakan hubungan antar konsep dalam matematika serta dapat mengaplikasikan konsep matematika kedalam konteks diluar matematika. Siswa prestasi sedang, kemampuan koneksi matematisnya masih pada tingkat sedang, karena dapat mengaplikasikan hubungan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari, namun belum dapat menggunakan hubungan antar konsep dalam matematika dengan baik, serta belum dapat mengaplikasikan konsep matematika ke dalam konteks di luar matematika. Kemudian siswa dengan prestasi rendah, kemampuan koneksi matematisnya tergolong rendah. karena belum dapat mengaplikasikan hubungan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari dengan sempurna, serta tidak dapat mengaplikasikan hubungan antar konsep dalam matematika dan tidak dapat mengaplikasikan konsep matematika ke dalam konteks di luar matematika

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Masalah Kontekstual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Amri H
Date Deposited: 16 Mar 2019 03:31
Last Modified: 16 Mar 2019 03:31
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8623

Actions (login required)

View Item View Item