HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH I PURBALINGGA

SETIAWATI, ANGGI (2018) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH I PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ANNGI SETIAWATI COVER.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANGGI SETIAWATI BAB I.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANGGI SETIAWATI BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ANGGI SETIAWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
ANGGI SETIAWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] Text
ANGGI SETIAWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img]
Preview
Text
ANGGI SETIAWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
ANGGI SETIAWATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar (self regulated learning) dengan perilaku agresif pada peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah I Purbalingga. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar (Self Regulated Learning) dengan perilaku agresif siswa. Penelitian ini menggunakan subyek peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah I Purbalingga yang berjumlah 175 peserta didik, asumsinya agar generalisasinya lebih luas. Dalam penelitian ini menggunakan metode sampling populasi, instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala regulasi diri dalam belajar (self regulated learning) dan skala perilaku agresif. Untuk mengukur validitas menggunakan validitas isi dan teknik korelasi menggunakan product moment. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas, diketahui validitas skala regulasi diri dalam belajar (self regulated learning) bergerak dari 0,219 sampai 0,696 sedangkan validitas perilaku agresif bergerak dari 0,204 sampai 0,683. Reliabilitas skala regulasi diri dalam belajar (self regulated learning) diperoleh nilai α=0,913 sedangkan reliabilitas skala perilaku agresif diperoleh nilai α=0,909. Berdasarkan analisis data diperoleh rxy=0,862 (P<0,01), yang menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar (self regulated learning) dengan perilaku agresif. Artinya, semakin tinggi regulasi diri maka semakin rendah perilaku agresif siswa yang dimunculkan, sebaliknya semakin rendah regulasi diri maka semakin tinggi pula perilaku agresif siswa yang dimunculkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Tri Na’imah S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri dalam Belajar; Perilaku Agresif; Peserta Didik;
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 06 Mar 2019 02:59
Last Modified: 06 Mar 2019 02:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8610

Actions (login required)

View Item View Item