PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DAN BERBICARA TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO

SEKTYAWARDANI, GUSTI (2017) PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DAN BERBICARA TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
GUSTI SEKTYAWARDANI_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
GUSTI SEKTYAWARDANI_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
GUSTI SEKTYAWARDANI_BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
GUSTI SEKTYAWARDANI_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GUSTI SEKTYAWARDANI_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GUSTI SEKTYAWARDANI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GUSTI SEKTYAWARDANI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
GUSTI SEKTYAWARDANI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan menulis dan berbicara teks negosiasi pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik Cluster Sampling (Area Sampling). Metode pengambilan data dengan melakukan tes kemampuan menulis teks negosiasi. Penelitian ini menggunakan lembar penilaian sebagai instrumen. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi yang dilanjutkan dengan konsultasi kepada ahli (expert judgement). Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik konsistensi internal yang menerapkan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan pada menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL). Metode Problem Based Learning (PBL) lebih berpengaruh dibandingkan dengan metode konvensional, dibuktikan dengan uji beda. Hal ini menunjukkan metode Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibanding dengan metode konvensional yang selama ini digunakan oleh guru. (2) ada perbedaan yang signifikan pada berbicara teks negosiasi dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL). Metode Problem Based Learning (PBL) lebih berpengaruh dibandingkan dengan metode konvensional, dibuktikan dengan uji beda. Hal ini menunjukkan metode Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibanding dengan metode konvensional yang selama ini digunakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Kuntoro, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Metode Problem Based Learning (PBL), Menulis dan Berbicara Teks Negosiasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Amri H
Date Deposited: 02 Mar 2019 03:49
Last Modified: 02 Mar 2019 03:49
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8587

Actions (login required)

View Item View Item