PENGEMBANGAN METODE LIRIK BAPA DALAM BUDAYA LITERASIPADA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMANSISWA KELAS V SDN 1 ARCAWINANGUN UPK PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

WIDHIASTUTI, , (2018) PENGEMBANGAN METODE LIRIK BAPA DALAM BUDAYA LITERASIPADA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMANSISWA KELAS V SDN 1 ARCAWINANGUN UPK PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
WIDHIASTUTI_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
WIDHIASTUTI_BAB I.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WIDHIASTUTI_BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
WIDHIASTUTI_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
WIDHIASTUTI_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
WIDHIASTUTI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img]
Preview
Text
WIDHIASTUTI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
WIDHIASTUTI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran membaca, selain guru dituntut untuk memahami kurikulum juga harus menguasai materi pembelajaran, guru juga harus mampu merancang pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.pada proses belajar membaca pemahaman, siswa mengalami kesulitan memahami isi cerita.Upaya ntuk lebih meningkatkan keberhasilan belajar siswa diantaranya dapat dilakukan melalui upaya memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian di lakukan di SDN 1 Arcawinangun UPK Purwokerto Timur dengan menggunakan metode Research and Development/R & D adapun ruang lingkupnya adalah pengembangan metode pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode Lirik Bapa dalam pembelajaran bahasa Indonesia Sekolah Dasar kelas V. Teknik pengumpulan data berupa angket kebutuhan dan angket uji validasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Penilaian terhadap metode pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode Lirik Bapa siswa Sekolah Dasar kelas V oleh ahli dan guru meliputi aspek (1) kelayakan, (2) keakuratan, (3) keefektifan.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran yaitu metode Lirik Bapa dalam pembelajaran membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia, untuk mengetahui dampak efektif metode dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian pengembangan metode pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode Lirik Bapa, dapat memudahkan proses pembelajaran membaca pemahaman dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pre-test dengan rata – rata 66,65 dan post test dengan rata- rata 93. Dari hasil pengujian signifikan diperoleh harga t hitung (26,35) lebih besar dari harga t tabel (24,83). Dengan demikian perbedaan tersebut dinyatakan signifikan dan kesimpulannya nilai cenderung lebih tinggi, maka terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Kuntoro, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Metode Lirik Bapa ,Budaya literasi, membaca pemahaman.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Amri H
Date Deposited: 14 Feb 2019 06:26
Last Modified: 14 Feb 2019 06:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8559

Actions (login required)

View Item View Item