PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS DONGENG BERBASIS GAYA BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROSES BAGI SISWA KELAS VII PAKET B SETARA SMP

KUSUMANINGRUM, ENDAH (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS DONGENG BERBASIS GAYA BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROSES BAGI SISWA KELAS VII PAKET B SETARA SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ENDAH KUSUMANINGRUM_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ENDAH KUSUMANINGRUM_BAB I.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ENDAH KUSUMANINGRUM_BAB II.pdf

Download (863kB) | Preview
[img] Text
ENDAH KUSUMANINGRUM_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
ENDAH KUSUMANINGRUM_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ENDAH KUSUMANINGRUM_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img]
Preview
Text
ENDAH KUSUMANINGRUM_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (820kB) | Preview
[img] Text
ENDAH KUSUMANINGRUM_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Keterampilan menulis yang rendah adalah salah satu problematika dalam sistem pendidikan di Indonesia. Tidak hanya terjadi di lingkungan pendidikan formal (PF), tetapi terjadi juga di lingkungan pendidikan non formal (PNF) seperti di jenjang Paket B setara SMP. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kebutuhan bahan ajar dalam pembelajaran menulis dongeng yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru, (2) mengembangkan prototipe bahan ajar menulis dongeng yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru, (3) mengetahui hasil validasi bahan ajar menulis dongeng yang dikembangkan, (4) mengetahui hasil uji coba prototipe bahan ajar menulis dongeng yang dikembangkan. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (R&D). Dalam penelitian ini, digunakan enam tahapan yaitu: (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Kebutuhan bahan ajar menurut siswa dan guru meliputi empat aspek (a) pemahaman dan kebutuhan terhadap bahan ajar, (b) kebutuhan terhadap materi bahan ajar, (c) kebutuhan terhadap fisik bahan ajar, dan (d) kebutuhan terhadap penyajian dan kebahasaan bahan ajar. (2) Data hasil penilaian validasi ahli dan guru bahasa Indonesia terhadap bahan ajar. Dari ahli I skor total 332, rata-rata 83, kriteria sangat baik. Dari ahli II skor total 344,5, rata-rata 86,1, kriteria sangat baik. Dari validator pengguna (guru) skor total 355, rata-rata 88,7, kriteria sangat baik. Secara umum penilaian tentang kelayakan bahan ajar tersebut sangat baik. (3) Hasil uji coba produk. Di lembaga pendidikan Paket B Darul Quran diperoleh hasil rata-rata nilai postest kelompok eksperimen meningkat sebesar 8,7 (dari rata-rata 68 menjadi 76,7), presentase ketuntasan naik 83% (dari 10,3% menjadi 93,3%). Di lembaga pendidikan Paket B Wadas Kelir diperoleh hasil rata-rata nilai postest kelompok eksperimen meningkat sebesar 3,7 (dari rata-rata 68 menjadi 71,7), presentase ketuntasan naik 25% (dari 25% menjadi 50%). Bahan ajar yang dikembangkan baik digunakan dalam tahap uji coba pengajaran bahasa Indonesia materi menulis dongeng untuk Kelas VII Paket B setara SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Kuntoro, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Menulis, Dongeng
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Amri Hariri, SIP.
Date Deposited: 14 Feb 2019 06:14
Last Modified: 14 Feb 2019 06:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8556

Actions (login required)

View Item View Item