PENGARUH NATURE OF SCIENCE (NOS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR BUMI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N 2 SOKARAJA KULON

PRATIWI, YUNITA (2015) PENGARUH NATURE OF SCIENCE (NOS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR BUMI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N 2 SOKARAJA KULON. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Yunita Pratiwi COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yunita Pratiwi BAB I.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yunita Pratiwi BAB II.pdf

Download (765kB) | Preview
[img] Text
Yunita Pratiwi BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
Yunita Pratiwi BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Yunita Pratiwi BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img]
Preview
Text
Yunita Pratiwi DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text
Yunita Pratiwi LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Kuantitatif Eksperimen yang bertujuan untuk : 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Nature Of Science (NOS) terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif pada mata pelajaran IPA materi struktur bumi siswa di kelas V SD Negeri 2 Sokaraja Kulon; 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Nature Of Science (NOS) terhadap hasil belajar aspek afektif pada mata pelajaran IPA materi struktur bumi di kelas V SD Negeri 2 Sokaraja Kulon; 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Nature Of Science (NOS) terhadap hasil belajar aspek psikomotor pada mata pelajaran IPA materi struktur bumi di kelas V SD Negeri 2 Sokaraja Kulon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian yaitu postes hanya grup kontrol dengan random subjek. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar aspek kognitif yaitu evaluasi, hasil belajar aspek afektif menggunakan angket dan hasil belajar aspek psikomotor menggunakan penilaian unjuk kerja. Data dihitung dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian pada aspek kognitif menunjukkan atau 2,177 1,671; sehingga Ho ditolak. Jadi model pembelajaran Nature OF Science (NOS) berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar IPA aspek kognitif. Hasil pada aspek afektif menunjukkan , atau 2,071> 1,671; sehingga Ho tolak. Jadi model pembelajaran Nature OF Science (NOS) berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar IPA aspek afektif. Hasil penelitian pada aspek psikomotor menunjukkan , atau 1,807 > 1,671; sehingga Ho ditolak. Hasil penelitian dengan model pembelajaran Nature OF Science (NOS) berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar IPA aspek psikomotor. .

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 1. Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. 2. Drs. Sony Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, IPA dan model pembelajaran Nature OF Science (NOS).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Roni Purwantoro
Date Deposited: 04 Feb 2019 02:30
Last Modified: 04 Feb 2019 02:30
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8535

Actions (login required)

View Item View Item