PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA KOMPETENSI DASAR NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KARANG JAMBU KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GASAL 2014-2015

G I A R T O, , (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA KOMPETENSI DASAR NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KARANG JAMBU KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GASAL 2014-2015. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Giarto COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Giarto BAB I.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Giarto BAB II.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
Giarto BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
Giarto BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
Giarto BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img]
Preview
Text
Giarto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text
Giarto LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kompetensi dasar nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa melalui penggunaan multimedia. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 1 Karang Jambu, Kabupaten Purbalingga semester gasal 2014-2015 dengan jumlah siswa 33 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupates tertulis, dan didukung lembar observasi, dan dokumenter. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai ratarata pre tes siklus 1 sebesar 60,30, jumlah siswa yang lulus sebanyak 13 siswa atau (39,40%), siswa tidak lulus sebanyak 20 siswa atau (60,67%), dan pada pos tes siklus 1 nilai rata-rata sebesar 68,78, jumlah siswa yang lulus sebanyak 22 siswa atau (66,66%), siswa tidak lulus sebanyak 11 siswa atau (33,33%), sedangkan perolehan pada pre tes siklus 2 nilai rata-rata sebesar 72,72, jumlah siswa lulus sebanyak 27 siswa atau (81,81%), jumlah siswa tidak lulus sebanyak 6 siswa atau (18,19%), dan pada pos tes siklus 2 nilai rata-rata sebesar 80,60, jumlah siswa yang lulus sebanyak 33 siswa atau 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan melalui penggunaan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kompetensi dasar nilainilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 1. Prof. Dr. H Tukiran Taniredja, M.M. 2. Efi Miftah Faridli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Multimedia, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Roni Purwantoro
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:14
Last Modified: 24 Jan 2019 01:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8481

Actions (login required)

View Item View Item