PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PATIKRAJA

, RENO VANI WIJIASTUTI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PATIKRAJA. Bachelor thesis, PROGRAM STUDI MANAJEMEN.

[img]
Preview
Text
RENO VANI WIJIASTUTIC- COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RENO VANI WIJIASTUTIC- BAB I.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RENO VANI WIJIASTUTIC- BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RENO VANI WIJIASTUTIC- BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RENO VANI WIJIASTUTIC- BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RENO VANI WIJIASTUTIC- BAB V.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RENO VANI WIJIASTUTIC- - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RENO VANI WIJIASTUTIC- LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (predict observe explain) terhadap aktivitas belajar biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Patikraja. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Patikraja yang terdistribusi dalam 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sempel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 (kelas eksperimen) dan XI MIPA 4 (kelas kontrol). Metode yang digunakan adalah metode Quasi eksperimen. Data yang di peroleh berupa aktivitas belajar siswa yang meliputi aktivitas mengamati, mengidentifikasi, menjelaskan, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan dilanjutkan uji t untuk mengetahui tingkat signifikansi pada taraf kepercayaan 95% melalui program SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran POE berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa dengan taraf korelasi yang bervariasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POE berpengaruh terhadap aktivitas belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Patikraja

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Drh. Cahyono Purbomartono, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Biologi, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, POE.
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 09 Jan 2019 02:37
Last Modified: 09 Jan 2019 02:37
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8425

Actions (login required)

View Item View Item