PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENERAPKAN TEORI VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI SIFAT KESEBANGUNAN DAN SIMETRI DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANGGINTUNG

NURHIKMAH, ADE (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENERAPKAN TEORI VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI SIFAT KESEBANGUNAN DAN SIMETRI DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANGGINTUNG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ADE NURHIKMAH_COVER.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADE NURHIKMAH_BAB I.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADE NURHIKMAH_BAB II.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
ADE NURHIKMAH_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
ADE NURHIKMAH_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
ADE NURHIKMAH_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img]
Preview
Text
ADE NURHIKMAH_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
ADE NURHIKMAH_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS matematika materi sifat kesebangunan dan simetri menggunakan teori Van Hiele untuk membantu siswa kelas V SD Negeri 2 Karanggintung dalam memahami konsep dan mengatasi kesulitan belajar matematika. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) menggunakan teori Van Hiele untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan langkah dalam mengembangkan LKS menggunakan teori Van Hiele, mengetahui kelayakan LKS, mengetahui respon guru dan siswa, dan mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika. Tahapan penelitian mengacu pada tahapan menurut Putra Nusa (2013: 167). Data diperoleh melalui teknik tes dan non tes. Uji coba LKS dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS menggunakan teori Van Hiele layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika dan mendapat respon positif oleh guru dan siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata hasil validasi ahli yaitu 3,4 dengan kriteria sangat valid, hasil respon guru sangat baik dengan rata-rata 3,5, hasil respon siswa baik dengan rata-rata 3. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan pemahaman konsep dari tiap pembelajarannya, yaitu pada pembelajaran I sebesar 17,86%, pembelajaran II sebesar 62,96%, dan pembelajaran III sebesar 76%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Okto Wijayanti, S.Pd., M.A., & Drs. Sony Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: LKS, teori Van Hiele, pemahaman konsep, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amri H
Date Deposited: 28 Dec 2018 02:05
Last Modified: 28 Dec 2018 02:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8350

Actions (login required)

View Item View Item