PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MELALUI METODE MIND MAPPING DI KELAS IV SD NEGERI 3 PASIRMUNCANG UPK PURWOKERTO BARAT

AHDA, ISNA AULIA (2018) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MELALUI METODE MIND MAPPING DI KELAS IV SD NEGERI 3 PASIRMUNCANG UPK PURWOKERTO BARAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ISNA AULIA AHDA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISNA AULIA AHDA BAB I.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISNA AULIA AHDA BAB II.pdf

Download (865kB) | Preview
[img] Text
ISNA AULIA AHDA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
ISNA AULIA AHDA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ISNA AULIA AHDA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img]
Preview
Text
ISNA AULIA AHDA DAPUS.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text
ISNA AULIA AHDA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi dengan metode pembelajaran Mind Mapping. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Pasirmuncang, yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan, dimana dalam setiap kali pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Data rasa ingin tahu siswa dalam belajar diperoleh dari angket rasa ingin tahu sedangkan untuk memperoleh prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rasa ingin tahu siswa dalam belajar pada siklus I mencapai nilai persentase 77,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,0%. Prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 67,24 dengan ketuntasan belajar 69,0% dan pada siklus II meningkat nilai rata-rata menjadi 78,62 dengan ketuntasan belajar 96,6%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Mind Mapping yang diterapkan pada pelajaran IPS dalam materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Pamujo, M.M, M.Pd. dan Drs. H. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: mind mapping, rasa ingin tahu, prestasi belajar, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 24 Dec 2018 02:53
Last Modified: 24 Dec 2018 02:53
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8302

Actions (login required)

View Item View Item