UPAYA PEMBIASAAN KEDISPLINAN PADA ANAK USIA DINI MELALUI TEKNIK BERCERITA KELOMPOK B DI BA AISYIYAH PANICAN KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA

MARKHAMAH, UMI (2012) UPAYA PEMBIASAAN KEDISPLINAN PADA ANAK USIA DINI MELALUI TEKNIK BERCERITA KELOMPOK B DI BA AISYIYAH PANICAN KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
UMI MARKHAMAH COVER.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMI MARKHAMAH BAB I.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMI MARKHAMAH BAB II.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text
UMI MARKHAMAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
UMI MARKHAMAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UMI MARKHAMAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img]
Preview
Text
UMI MARKHAMAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
UMI MARKHAMAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembiasaan kedisiplinan dapat meningkatkan kedisiplinan pada anak kelompok B BA Aisyiyah Panican Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 ( dua ) siklus yang setiap siklus terdiri dari 3 ( tiga ) kali pertemuan. Subyek dalam penelitian adalah siswa BA Panican Aisyiyah Panican Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 20 ( dua puluh ) anak terdiri dari, 14 ( empat belas ) laki-laki, dan 6 ( enam ) perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis diskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pembelajaran pembiasaan kedisiplinan melalui metode bercerita. Hal ini ditunjukan dengan hasil pembelajaran pembiasaan kedisiplinan pada siklus I dan siklus II yang telah dilaksanakan. Pada kondisi awal anak yang dinyatakan berkembang sangat baik 10 % ( 2 anak ), berkembang sesuai dengan indikator yang diharapkan 15 % ( 3 anak ), mulai berkembang 25 % ( 5 anak ), belum berkembang 50 % ( 10 anak ). Lalu pada siklus I anak yang dinyatakan berkembang sangat baik 60 % ( 12 anak ), berkembang sesuai dengan indikator yang diharapkan 25 % ( 5 anak ), mulai berkembang 10 % ( 2 anak ), belum berkembang 5 % ( 1 anak ), pada siklus II anak yang dinyatakan berkembang sangat baik 85 % ( 17 anak ), berkembang sesuai dengan indikator yang diharapkan sebanyak 10 % ( 2 anak ), mulai berkembang 5 % ( 1 anak ), belum berkembang 0 % ( 0 anak ). Jadi pada siklus I anak dinyatakan berkembangan sangat baik 60 % dan pada siklus II anak yang dinyatakan berekmbangan sangat baik 80 %

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Johni Dimyati, MM dan Labib Sajawandi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: UPAYA PEMBIASAAN; KEDISIPLINAN; ANAK USIA DINI; TEKNIK BERCERITA;
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 24 Oct 2016 01:56
Last Modified: 24 Oct 2016 01:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item