UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN MEMBUAT LAMPU LARVA PADA ANAK KELOMPOK B2 TK AISYIAH XVII PURWOKERTO SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2016-2017

ROHMADHAN, WIDIARTO (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN MEMBUAT LAMPU LARVA PADA ANAK KELOMPOK B2 TK AISYIAH XVII PURWOKERTO SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2016-2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Widiarto Rohmadhan_JUDUL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Widiarto Rohmadhan_BAB I.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Widiarto Rohmadhan_BAB II.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text
Widiarto Rohmadhan_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
Widiarto Rohmadhan_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
Widiarto Rohmadhan_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img]
Preview
Text
Widiarto Rohmadhan_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
Widiarto Rohmadhan_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Metode Eksperimen Membuat Lampu Larva pada Anak Kelompok B2 TKAisyiah XVII Purwokerto Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016-2017 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains anak melalui kegiatan eksperimen membuat lampu larva. Skripsi ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017 pada anak didik di kelompok B2 usia 5-6 tahun TK Aisyiyah XVII Purwokerto dengan jumlah dua puluh anak yang terdiri dari delapan anak perempuan dan dua belas anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi.Dalam menganalisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa eksperimen membuat lampu larva dapat meningkatkan kemampuan sains anak.Hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran kondisi awal, siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal dari dua puluh anak, jumlah anak yang belum berkembang sepuluh anak atau 66,7%, empat anak atau 11,1% yang mulai berkembang, enam anak atau 22,2% yang berkembang sesuai harapan. Pada siklus I dari dua puluh anak jumlah anak yang belum berkembang Sembilan anak atau 38,9%, lima anak atau 27,8% yang mulai berkembang dan enam anak atau 33,3% berkembang sesuai harapan. Pada siklus II dari dua puluh anak jumlah anak yang belum berkembang tidak ada, dua anak atau 5,6% yang mulai berkembang, empat anak atau 11,1%, dan empat belas anak atau 83,3% yang berkembang sangat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Melati Ismi Hapsari, S.Psi., M.Psi. dan Tatik Ariyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Sains; Metode Eksperimen; Lampu Larva
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 03 Dec 2018 01:43
Last Modified: 03 Dec 2018 01:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8195

Actions (login required)

View Item View Item