PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SEKOLAH DASAR

SETIAYARTI, MINGGUSTA YUNI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MINGGUSTA YUNI SETIAYARTI COVER.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MINGGUSTA YUNI SETIAYARTI BAB I.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MINGGUSTA YUNI SETIAYARTI BAB II.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] Text
MINGGUSTA YUNI SETIAYARTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] Text
MINGGUSTA YUNI SETIAYARTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MINGGUSTA YUNI SETIAYARTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
MINGGUSTA YUNI SETIAYARTI DAPUS.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text
MINGGUSTA YUNI SETIAYARTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bahan ajar dan sumber belajar yang berperan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran, namun guru belum membuat LKPD sendiri dan hanya membeli, sehingga masih banyak kekurangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development menggunakan langkah penelitian Borg and Gall sampai tahap ke 6: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi produk; 6) uji coba produk. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bentuk awal LKPD Matematika materi bangun ruang di kelas V; 2) mengembangkan LKPD materi bangun ruang berbasis model Project Based Learning di kelas V; 3) mengetahui validitas pengembangan LKPD materi bangun ruang berbasis model Project Based Learning di kelas V; 4) mengetahui respon guru terhadap pengembangan LKPD materi bangun ruang berbasis model Project Based Learning di kelas V; 5) mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan LKPD materi bangun ruang berbasis model Project Based Learning di kelas V; 6) mengetahui pengaruh LKPD materi bangun ruang berbasis model Project Based Learning terhadap prestasi belajar Matematika di kelas V. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 2 Majasari dan SD Negeri 5 Bukateja. Teknik pengumpulan data yang dilakukan, yaitu teknik tes dan teknik non tes. LKPD telah divalidasi memeroleh kriteria sangat valid oleh validator dengan rata-rata hasil 4,43. Penilaian respon guru memeroleh kriteria sangat baik dengan rata-rata hasil 4,77. Sedangkan respon peserta didik terhadap penggunaan pegembangan LKPD pada pelajaran matematika materi bangun ruang memperoleh rata-rata total 4,34 dengan kriteria sangat baik. Pengembangan LKPD pada pelajaran matematika materi bangun ruang berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Badarudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKPD, Matematika, Project Based Learning dan materi bangun ruang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 29 Nov 2018 06:43
Last Modified: 29 Nov 2018 06:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8191

Actions (login required)

View Item View Item