PENINGKATKAN SIKAP GEMAR MEMBACA DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERIPERISTIWA SEKITAR PROKLAMASIMELALUI STRATEGI PEMBELAJARANEVERYONE IS A TEACHER HEREDENGAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2KARANGCENGIS

RACHMAWATI, BELLA (2018) PENINGKATKAN SIKAP GEMAR MEMBACA DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERIPERISTIWA SEKITAR PROKLAMASIMELALUI STRATEGI PEMBELAJARANEVERYONE IS A TEACHER HEREDENGAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2KARANGCENGIS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
BELLA RACHMAWATI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BELLA RACHMAWATI BAB I.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BELLA RACHMAWATI BAB II.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text
BELLA RACHMAWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
BELLA RACHMAWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BELLA RACHMAWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img]
Preview
Text
BELLA RACHMAWATI DAPUS.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
BELLA RACHMAWATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Rendahnya sikap gemar membaca dan prestasi belajar pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 2 Karangcengis disebabkan karena siswa tidak serius membaca melainkan bermain sendiri, seharusnya pada saat proses pembelajaran guru menggunakan media dan inovasi dalam pembelajaran. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS banyakyang belum mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 68.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap gemar membaca dan prestasi belajar mata pelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi melalui strategi pembelajaran Everyone Is a Teacher Here dengan media kartu gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiapsiklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari tes dan non tes.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Teknik pengumpulan data untuk mengetahui sikap gemar membaca menggunakan instrumen penelitian berupa angket dengan model skala likert yang dilaksanakan setiap akhir siklus.Hasil penelitian menunjukan sikap gemar membaca siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,65 yang termasuk dalam kriteria baik, hasil sikap gemar membaca siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 3,7 yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil prestasi belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar mencapai 67,5% dengan kriteria baik. Hasil prestasi belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar mencapai 81% dengan kriteria baik sekali. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Everyone Is a Teacher Here dengan media kartu gambar dapat meningkatkan sikap gemar membaca dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi kelas V SD Negeri 2 Karangcengis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Dhi Bramasta, M.Pd. dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap gemar membaca, prestasi belajar, peristiwa sekitar proklamasi, strategi everyone is a teacher here, media kartu gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 29 Nov 2018 04:05
Last Modified: 29 Nov 2018 04:06
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8184

Actions (login required)

View Item View Item