HUBUNGAN ANTARA KETERBUKAAN DIRI (SELF DISCLOUSURE) DENGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL KORBAN BULLYING PADA SISWA KELAS X JURUSAN TKR (TEKNIK KENDARAAN RINGAN) DI SMK MA’ARIF NU MARGASARI-TEGAL

LESTARI, APRIANI DWI (2018) HUBUNGAN ANTARA KETERBUKAAN DIRI (SELF DISCLOUSURE) DENGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL KORBAN BULLYING PADA SISWA KELAS X JURUSAN TKR (TEKNIK KENDARAAN RINGAN) DI SMK MA’ARIF NU MARGASARI-TEGAL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
APRIANI DWI LESTARI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
APRIANI DWI LESTARI BAB I.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
APRIANI DWI LESTARI BAB II.pdf

Download (846kB) | Preview
[img] Text
APRIANI DWI LESTARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
APRIANI DWI LESTARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
APRIANI DWI LESTARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img]
Preview
Text
APRIANI DWI LESTARI DAPUS.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
APRIANI DWI LESTARI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya hubungan antara keterbukaan diri (self disclosure) dengan kemampuan interaksi sosial korban bullying pada siswa Kelas X Jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) Di SMK Ma’arif NU Margasari-Tegal. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara Keterbukaan diri (self disclosure) dengan Kemampuan Interaksi Sosial Korban Bullying pada Siswa Kelas X Jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) Di SMK Ma’arif NU Margasari-Tegal. Penelitian ini menggunakan responden siswa kelas X jurusan TKR (teknik kendaraan ringan) yang mengalami bullying sejumlah 119 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik kolerasi peringkat spearman dimana metode pengumpulan data menggunakan skala, yaitu skala Keterbukaan diri (self disclosure) dan skala kemampuan interaksi sosial. Dari hasil uji validitas, diperoleh koefisien validitas skala keterbukaan dengan r tabel = 0,355, sedangkan skala kemampuan interaksi dengan r tabel = 0,312. Hasil uji reliabelitas keterbukaan diri (self disclosure) diperoleh nilai sebesar 0,993 sedangkan skala kemampuan interaksi sosial nilai sebesar 0,916. Hasil analisis yang telah dilakukan pada hubungan keterbukaan diri (self disclosure) dengan kemampuan interaksi sosial korban bullying pada siswa kelas X jurusan TKR (teknik kendaraan ringan) di SMK Ma’arif NU Margasari-Tegal dengan hasil kolerasi menunjukan r hitung > r tabel, r hitung 0,763 > 0,180 dan nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara keterbukaan diri (self disclosure) dengan kemampuan interaksi sosial. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis menyatakan ada hubungan antara keterbukaan diri (self disclosure) dengan kemampuan interaksi sosial korban bullying pada siswa dapat diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Tri Na’imah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Keterbukaan diri (self disclosure), kemampuan interaksi sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 29 Nov 2018 03:58
Last Modified: 29 Nov 2018 03:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8183

Actions (login required)

View Item View Item