PENINGKATAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO MELALUI PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT ( MMP )

AKBARRIDHO A.S, YOGIE (2018) PENINGKATAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO MELALUI PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT ( MMP ). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif dan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel ( SPLDV ) dengan pembelajaran Missouri Mathematics Project ( MMP ) di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Alokasi waktu untuk setiap siklusnya yaitu pertemuan pertama 2 x 40 menit untuk proses pembelajaran, pertemuan kedua 2 x 40 menit untuk proses pembelajaran dan 1 x 40 menit. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data peran aktif mengunakan lembar observasi, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar matematika siswa ini menggunakan lembar tes evaluasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata – rata indikator peran aktif pada siklus I diperoleh 40,82% dengan kriteria cukup baik, hasil tes belajar siklus I diperoleh 68,03 dengan ketuntasan belajar 28,57%. Hasil skor rata – rata indikator peran aktif siklus II diperoleh 66,06% dengan kriteria baik, hasil tes prestasi belajar siklus II diperoleh nilai rata – rata 70,71 dengan ketuntasan belajar 46,43%. Hasil skor rata – rata indikator peran aktif siklus III diperoleh 82,14% dengan kriteria sangat baik, hasil tes prestasi belajar siklus III diperoleh nilai rata – rata 77,57 dengan ketuntasan belajar 89,29%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Missouri Mathematics Project ( MMP ) dapat meningkatkan peran aktif dan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel ( SPLDV ) di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Peran Aktif Siswa, Prestasi belajar matematika dan pembelajaran Missouri Mathematics Project ( MMP )
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:04
Last Modified: 22 Nov 2018 02:04
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8136

Actions (login required)

View Item View Item