PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI PASIR WETAN

RAMADANI, VERNANDA ASTRI (2018) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI PASIR WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (767kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya prestasi belajar siswa dalam belajar di sekolah. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi di sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi deskriptif. Populasi dari penelitian ini yaitu semua siswa kelas IV SD Negeri Pasir Wetan yang berjumlah 56 siswa, sedangkan sampelnya diambil menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket berbentuk checklist dan analisis datanya menggunakan rumus korelasi product moment, korelasi ganda, regresi sederhana, dan regresi ganda. Hasil perhitungan dan analisis data menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 17,72%, 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 42,38%, 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa sebesar 10,89%. Jadi terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Pasir Wetan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Okto Wijayanti, S.Pd., M.A.,
Uncontrolled Keywords: kebiasaan belajar, motivasi berprestasi, prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 22 Nov 2018 01:48
Last Modified: 22 Nov 2018 01:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8134

Actions (login required)

View Item View Item