UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIBANTU DENGAN PERMAINAN “ULAR TANGGA BERBASIS SURAT RAHASIA”MATA PELAJARAN PKN MATERI GLOBALISASI DI KELAS IV SDNEGERI 1 SOKARAJA TENGAH

PANGESTI, TRI ADHANA AYU (2018) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIBANTU DENGAN PERMAINAN “ULAR TANGGA BERBASIS SURAT RAHASIA”MATA PELAJARAN PKN MATERI GLOBALISASI DI KELAS IV SDNEGERI 1 SOKARAJA TENGAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TRI ADHANA AYU PANGESTI COVER.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI ADHANA AYU PANGESTI BAB I.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI ADHANA AYU PANGESTI BAB II.pdf

Download (941kB) | Preview
[img] Text
TRI ADHANA AYU PANGESTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TRI ADHANA AYU PANGESTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TRI ADHANA AYU PANGESTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
TRI ADHANA AYU PANGESTI DAPUS.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
TRI ADHANA AYU PANGESTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Partisipasi belajar siswa di SD Negeri 1 Sokaraja Tengah masih rendah, dikarenakan hanya beberapa siswa yang aktif mengikuti pembelajaran saja, siswa yang lain hanya mendengarkan dan diam saja, dan prestasi belajar siswa pun ikut rendah, sehingga diperlukan sebuah tindakan untuk memperbaiki partisipasi siswa dalam pembelajaran dan prestasi belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dibantu dengan permainan ular tangga berbasis surat rahasia. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sokaraja Tengah yang berjumlah 23 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data diperoleh dari lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, lembar angket partisipasi belajar, lembar evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa hasil prestasi belajar tiap siklusnya meningkat. Siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 51,5% dengan kriteria baik, sedangkan siklus II diperoleh ketuntasan sebesar 82% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan observasi aktivitas guru diperoleh setiap siklusnya juga meningkat yakni siklus I diperoleh rata-rata sebesar 2,51 dengan kriteria baik, sedangkan siklus II diperoleh rata-rata sebesar 3,35 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan observasi aktivitas siswa diperoleh setiap siklusnya meningkat. Siklus I diperoleh rata-rata sebesar 2,56 dengan kriteria baik, sedangkan untuk siklus II diperoleh rata-rata sebesar 4,76 dengan kriteria sangat baik. Kemudian untuk hasil angket partisipasi dalam penelitian ini diperoleh hasil dengan setiap siklusnya meningkat. Siklus I diperoleh rata-rata sebesar 2,61 dengan kriteria baik, sedangkan siklus II diperoleh rata-rata sebesar 3,25 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dibantu dengan permainan ular tangga berbasis surat rahasia dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sokaraja Tengah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Okto Wijayanti, S.Pd., M.A. dan Aji Heru Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Prestasi Belajar, Model Problem Based Learning (PBL), Permainan Ular Tangga Berbasis Surat Rahasia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:09
Last Modified: 16 Nov 2018 02:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8103

Actions (login required)

View Item View Item