UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSI MELALUI METODE BERMAIN MENCARI HARTA KARUN SECARA BERKELOMPOK PADA ANAK KELOMPOK B2 TK AISYIYAH XV TELUK DESA TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014-2015

LATIFAH, UMU (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSI MELALUI METODE BERMAIN MENCARI HARTA KARUN SECARA BERKELOMPOK PADA ANAK KELOMPOK B2 TK AISYIYAH XV TELUK DESA TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014-2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_UMU LATIFAH_PG PAUD'15.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_UMU LATIFAH_PG PAUD'15.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_UMU LATIFAH_PG PAUD'15.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
BAB III_UMU LATIFAH_PG PAUD'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
BAB IV_UMU LATIFAH_PG PAUD'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[img] Text
BAB V_UMU LATIFAH_PG PAUD'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_UMU LATIFAH_PG PAUD'15.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_UMU LATIFAH_PG PAUD'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul ”Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosi Melalui Metode Bermain Mencari Harta Karun Secara Berkelompok pada Anak Kelompok B2 TK Aisyiyah XV Teluk Desa Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2014-2015”, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosi anak Kelompok B2 TK Aisyiyah XV Teluk. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah Anak kelompok B2 TK Aisyiyah XV Teluk yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain mencari harta karun dapat meningkatkan kemampuan sosial emosi anak. Hal ini dapat dilihat pada kondisi awal, siklus I, siklus II. Pada kondisi awal, dari 18 siswa terdapat 12 anak (66,7%) belum berkembang (BB), 2 anak (11,1%) mulai berkembang (MB), 4 anak (22,2%) berkembang sesuai harapan(BSH). Pada siklus I terjadi peningkatan, sudah tidak ada anak (0%) yang belum berkembang (BB), 11 anak (61,1%) mulai berkembang (MB), 7 anak (38,9%) berkembang sesuai harapan (BSH), 1 anak (5,6%) berkembang sangat baik (BSB). Pada Siklus II terjadi peningkatan yang diharapkan dimana anak yang belum berkembang (BB) sudah tidak ada atau (0%), siswa yang mulai berkembang (MB) sebanyak 1 atau (5,6%), anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 15 atau (83%), siswa yang berkembang sangat baik (BSB) 2 anak (11,1%). Hasil penelitian siklus II telah mencapai target yang ditetapkan peneliti sehingga penelitian ini telah dianggap berhasil. Selanjutnya peneliti memberikan tindak lanjut pada pada satu anak yang masih dalam kategori MB dengan cara melakukan pendekatan secara individual dengan anak, dan berdiskusi bersama guru kelas serta orang tua untuk mengatasi hal tersebut, dan terus berusaha mencari strategi untuk mengoptimalkan kemampuan sosial emosi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Fathonah, M.Hum., dan Yuki Widiasari, S.Sos.,M.A.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan sosial emosi, Metode bermain, Mencari harta karun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 22 Feb 2017 03:40
Last Modified: 22 Feb 2017 03:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item View Item