IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS III DI SD ALAM BATURRADEN (SABAR)

ROHMI, FATHUR (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS III DI SD ALAM BATURRADEN (SABAR). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FATHUR ROHMI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FATHUR ROHMI BAB I.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FATHUR ROHMI BAB II.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text
FATHUR ROHMI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
FATHUR ROHMI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FATHUR ROHMI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
FATHUR ROHMI DAPUS.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
FATHUR ROHMI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan pendidikan karakter tidak didukung dengan sistem pembelajaran yang dinilai belum efektif membangun karakter siswa. Permasalahan pendidikan karakter yang akan semakin kompleks di era globalisasi yang membuka ruang secara terbuka, tanpa ada pembatasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter tanggung jawab siswa kelas III di Sekolah Alam Baturraden (SABAR). Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Partisipan peneliti ini terdiri dari kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping, guru ngaji, orang tua siswa, psikolog SABAR, dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasih teknik. Hasil penelitian menunjukkan cara pelaksaan pendidikan karakter dari kepala sekolah, guru, orang tua dan psikolog mengenai pelaksaan pendidikan karakter tanggung jawab dengan menggunakan indikator tanggung jawab siswa yaitu menerima tugas dengan penuh kesiapan, menyelesaikan tugas sesuai dengan kemampuan dan berani berkata tidak untuk hal-hal yang tidak mampu untuk dilakukan dalam kegiatan yang terjadi di sekolah. Kegiatan-kegiatan dalam partisipasi guru dan siswa dalam implementasi pendidikan karakter tanggung jawab, seperti guru kelas memberikan tugas dengan siswa dan guru memberikan contoh kepada siswa dalam pendidikan karakter tanggung jawab. Tugas-tugas atau kegiatan yang diterima oleh siswa diantaranya projek kelas, piket snack time dan makan siang, mengerjakan worksheet, religius (sholat Dhuha, sholat Dzuhur berjamah, sedekah, mengaji, hafalan dan muojaah), market day, siswa melakukan dengan penuh rasa tanggung jawab dan antusias dalam melakukan kegiatan. Faktor pendukung dari implementasi pendidikan tanggung jawab siswa miliki 3 faktor diantarnya adanya pohon harapan yang dibuat siswa untuk selalu bertanggung jawab dengan tugasnya, adanya motivasi yang diberikan oleh guru untuk menyelesaikan tugasnya dan guru juga sebagai faktor utama keberhasilan pendidikan karakter tanggung jawab. Penghamabat dari implementasi yaitu kurangnya keraja sama orang tua dalam kegiatan mengaji bersama dan ada siswa perempuan yang tidak terlalu suka dengan projek kelas karena bukan bakatnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D. dan Aji Heru Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter tanggung jawab, Sekolah Alam Baturraden (SABAR)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:21
Last Modified: 15 Nov 2018 02:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8064

Actions (login required)

View Item View Item