PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING DI KELAS V A SD NEGERI 1 SOKARAJA WETAN

PURWASIH, DWI HASQI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING DI KELAS V A SD NEGERI 1 SOKARAJA WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DWI HASQI PURWASIH COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI HASQI PURWASIH BAB I.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI HASQI PURWASIH BAB II.pdf

Download (794kB) | Preview
[img] Text
DWI HASQI PURWASIH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
DWI HASQI PURWASIH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DWI HASQI PURWASIH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img]
Preview
Text
DWI HASQI PURWASIH DAPUS.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
DWI HASQI PURWASIH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui metode brainstorming pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VA SD Negeri 1 Sokaraja Wetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 1 Sokaraja Wetan yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Prosedur penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan non-tes. Teknik tes berupa tes unjuk kerja dan teknik non-tes berupa observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar penilaian kemampuan berbicara yang didukung dengan rubrik penilaian kemampuan berbicara, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah hasil kemampuan berbicara siswa sekurang-kurangnya 80% dari jumlah siswa telah memenuhi KKM yang telah ditentukan yaitu 64. Hasil penelitian menunjukan perolehan tes unjuk kerja kemampuan berbicara siklus I memperoleh rata-rata 62,31 dengan presentase ketuntasan belajar 51,85%, kemudian meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata 80,01 dengan presentase ketuntasan belajar 83,32%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan metode brainstorming dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati Ph.D. dan Arifin Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Metode Pembelajaran, Brainstorming, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 15 Nov 2018 01:56
Last Modified: 15 Nov 2018 01:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8061

Actions (login required)

View Item View Item