PERILAKU MENYIMPANG PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI SALEM 05 KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES

RESTUNINGTIAS,, AYU (2018) PERILAKU MENYIMPANG PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI SALEM 05 KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (767kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mengapa perilaku menyimpang pada anak usia sekolah dasar (SD) perlu diteliti atau diketahui sejak dini? Sekolah dasar merupakan jenjang pendidikan yang paling dasar yang harus ditempuh anak selama 6 tahun. Pada usia ini merupakan persiapan anak menuju dewasa. Sehingga diharapkan, pada usia ini anak-anak memiliki perilaku positif agar ketika dewasa nanti ia menjadi pribadi yang unggul dan memiliki karakter yang baik. Tanggung jawab ini tidak hanya menjadi tugas para guru di sekolah tetapi juga merupakan tanggung jawab para orang tua di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab perilaku penyimpangan, bentuk penyimpangan perilaku, dampak perilaku penyimpangan, serta upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi perilaku penyimpangan pada siswa di SDN Salem 05. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik di SDN Salem 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab perilaku menyimpang pada siswa salah satunya adalah faktor keluarga, yaitu kurang perhatiannya orang tua terhadap anaknya. Sedangkan bentuk perilaku menyimpang yang terjadi pada siswa antara lain yaitu hiperaktif, mengganggu teman, pencurian, dan membuat gaduh di dalam kelas. Adapun dampak perilaku menyimpang pada siswa ada dua yaitu dampak pada diri siswa itu sendiri dan pada diri orang lain. Pada diri siswa dapat menimbulkan rasa malu dan minder yang berkepanjangan. Sedangkan dampak bagi orang lain yaitu rasa kurang nyaman karena orang lain sering merasa terganggu. Upaya-upaya yang telah dilakukan pihak sekolah terhadap para siswa yang berperilaku menyimpang antara lain yaitu memberikan nasihat kepada anak, memanggil orang tua, menyediakan sarana membaca berupa perpustakaan, dan mengadakan kegiatan extrakulikuler olahraga dan seni untuk memfasilitasi bakat dan minat siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph. D. dan Lia Mareza, M. A.
Uncontrolled Keywords: bentuk perilaku menyimpang, dampak perilaku menyimpang, upaya mengatasi perilaku menyimpang.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amri H
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:31
Last Modified: 14 Nov 2018 02:31
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8044

Actions (login required)

View Item View Item