PENGARUH PENDIDIKAN ANTIKORUPSI TERHADAP SIKAP TANGGUNGJAWAB DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS V SD NEGERI 02 PLIKEN

AISYAH, - (2018) PENGARUH PENDIDIKAN ANTIKORUPSI TERHADAP SIKAP TANGGUNGJAWAB DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS V SD NEGERI 02 PLIKEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AISYAH COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AISYAH BAB I.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AISYAH BAB II.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text
AISYAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
AISYAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
AISYAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img]
Preview
Text
AISYAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (778kB) | Preview
[img] Text
AISYAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya sikap tanggungjawab dan kemampuan berpikir kritis siswa. Rendahnya sikap tanggungjawab dan kemampuan berpikir kritis siswakarena belum adanya penanaman Pendidikan Antikorupsi yang diintegrasikan dengan mata pelajaran yang ada di Sekolah. Penelitian ini mengintegrasikan Pendidikan Antikorupsi dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN),untuk menanamkansikap tanggungjawab dan kemampuan berpikir kritis siswa agar lebih baik. Pendidikan Antikorupsi adalah usaha sadar untuk memberikan pemahaman dan pencegahan terjadinya perbuatan korupsi, seperti menyontek saat ujian, tidak mengerjakan tugas-tugas sekolah, tidak mengerjakan tugas piket, dan melanggar peraturan sekolahyang dilakukan melalui pendidikan formal di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan memiliki tujuanuntuk mengetahui pengaruh pendidikan antikorupsi terhadap sikap tanggungjawabdan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest- Posttest Control Group Desain. Subyek penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 02 Pliken dengan jumlah 44 siswa. Sample penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu siswa kelas V A sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 22 siswa dan siswa kelas V B sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data penelitian ini yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesispada penelitian inimenggunakan rumus independent sample t-test (uji pihak kanan). Hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai thitung> t tabel atau 4,251 1,684,maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Pendidikan Antikorupsi terhadap sikap tanggungjawab di kelas V SD Negeri 02 Pliken. 2) Hasil hipotesis kedua diperoleh nilai thitung> ttabel atau 1,684 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Pendidikan Antikorupsi terhadap kemampuan berpikir kritis di kelas V SD Negeri 02 Pliken. Simpulandari penelitian ini adalah Pendidikan Antikorupsi berpengaruh terhadap sikap tanggungjawab dan kemampuan berpikir kritis di kelas V SD Negeri 02 Pliken.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd dan Sri Muryaningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: KelasV; Kemampuan Berpikir Kritis; Pendidikan Antikorupsi; Sikap Tanggungjawab;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 08 Nov 2018 04:01
Last Modified: 08 Nov 2018 04:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8025

Actions (login required)

View Item View Item