UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI ROUND TABLE DENGAN MEDIA KARTU KATA DI KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGNANAS

RISTIANINGSIH, NITA (2018) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI ROUND TABLE DENGAN MEDIA KARTU KATA DI KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGNANAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NITA COVER.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NITA BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NITA BAB II.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text
NITA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
NITA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
NITA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img]
Preview
Text
NITA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text
NITA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya prestasi belajar siswa pada kelas IV. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui strategi round table dengan media kartu kata. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangnanas sebanyak 23 siswa dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar soal evaluasi, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, wawancara, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu terjadi peningkatan nilai rata-rata individu 67 dan ketuntasan belajar 80%. Hasil penelitian menunjukan strategi round table dengan media kartu kata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia karena siswa pada saat pembelajaran dilatih merangkai kata menjadi kalimat yang baik menggunakan media kartu kata dan siswa juga dilatih mengungkapkan ide-idenya ke dalam bentuk tulisan dengan menggunakan strategi round table. Adanya penguasaan materi yang dimiliki oleh siswa dalam memahami materi, maka hasil yang diperoleh siswa juga maksimal. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I pertemuan pertama memperoleh rata-rata yaitu 65,47 dengan ketuntasan belajar 61,90% dan pertemuan kedua diperoleh rata-ratanya yaitu 68,63 dengan ketuntasan belajar adalah 72,72% yang masuk dalam kriteria baik. Siklus II mengalami peningkatan pada pertemuan pertama rata-ratanya yaitu 77,04 dengan ketuntasan belajar 77,27% sedangkan pada pertemuan kedua mengalami peningkatan dengan memperoleh rata-ratanya yaitu 83,33 dengan ketuntasan belajar 90,47% yang masuk dalam kriteria sangat baik, maka dapat disimpulkan bahwa strategi round table dengan media kartu kata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A dan Cicih Wiarsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Strategi Round Table; Media Kartu Kata;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 08 Nov 2018 03:47
Last Modified: 08 Nov 2018 03:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8024

Actions (login required)

View Item View Item