IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI GERAKAN SENIMAN MASUK SEKOLAH DALAM BIDANG SENI TARI DI SD NEGERI 2 PURBALINGGA LOR

PUSPITASARI, TRI ARI (2018) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI GERAKAN SENIMAN MASUK SEKOLAH DALAM BIDANG SENI TARI DI SD NEGERI 2 PURBALINGGA LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TRI ARI COVER.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI ARI BAB I.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI ARI BAB II.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text
TRI ARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
TRI ARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img] Text
TRI ARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img]
Preview
Text
TRI ARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text
TRI ARI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)

Abstract

Penguatan Pendidikan Karakter yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 Pasal 1 ayat 1 adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta. Gerakan Seniman Masuk Sekolah merupakan salah satu program Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang memberikan peluang dan kesempatan kepada seniman dan sekolah bersinergi untuk melatih seni budaya di sekolah (SD, SMP, SMA/SMK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah dalam bidang seni tari, karakter yang dikuatkan pada diri peserta didik melalui Gerakan Seniman Masuk Sekolah dalam bidang seni tari, serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah dalam bidang seni tari di SD Negeri 2 Purbalingga Lor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan seniman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah dapat menguatkan karakter dan memberikan pengaruh positif terhadap peserta didik. Kelima nilai utama karakter yang dikuatkan dalam pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah dalam bidang seni tari yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Faktor yang mendukung pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah antara lain: bakat dan minat peserta didik, sarana dan prasarana yang memadai, peran orang tua peserta didik, peran masyarakat, serta pemberian dana dari pemerintah. Faktor yang menghambat pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah antara lain: ketidaksesuaian waktu pembelajaran dengan kegiatan peserta didik dan ketidakhadiran beberapa peserta didik pada saat proses pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Okto Wijayanti, S.Pd.,M.A.,
Uncontrolled Keywords: Penguatan Pendidikan Karakter; Gerakan Seniman Masuk Sekolah; Seni Tari;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 08 Nov 2018 02:11
Last Modified: 08 Nov 2018 02:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8020

Actions (login required)

View Item View Item