PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI MIA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2015/2016

PUSPITASARI, IKA (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI MIA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_IKA PUSPITASARI_BIOLOGI'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_IKA PUSPITASARI_BIOLOGI'16.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_IKA PUSPITASARI_BIOLOGI'16.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text
BAB III_IKA PUSPITASARI_BIOLOGI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
BAB IV_IKA PUSPITASARI_BIOLOGI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] Text
BAB V_IKA PUSPITASARI_BIOLOGI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_IKA PUSPITASARI_BIOLOGI'16.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_IKA PUSPITASARI_BIOLOGI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul pengaruh model pembelajaran Novick terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa kelas XI MIA pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Purwokerto telah dilaksanakan pada semester genap pada tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Novick terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas XI MIA 4 digunakan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji Korelasi Pearson Product Moment melalui program SPSS 23. Hasil uji korelasi terhadap aktivitas belajar menunjukan adanya hubungan yang signifikan. Pada aktivitas menganalisis tingkat signifikansinya 0,011; aktivitas mengidentifikasi tingkat signifikansinya 0,002; aktivitas mengelompokan tingkat signifikansinya 0,035; aktivitas menyimpulkan tingkat signifikansinya 0,002 dan pada aktivitas mengkomunikasikan tingkat signifikansinya 0,032. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Novick berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Siswa, Model pembelajaran Novick, Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 18 Feb 2017 09:36
Last Modified: 18 Feb 2017 09:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item