UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KARAKTER KERJA KERAS SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA BARANG BEKAS MATERI MEMBUAT TOPENG PADA MATA PELAJARAN SBK KELAS VB SD NEGERI 2 PLIKEN

KHANIFAH, UMMU NUR (2018) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KARAKTER KERJA KERAS SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA BARANG BEKAS MATERI MEMBUAT TOPENG PADA MATA PELAJARAN SBK KELAS VB SD NEGERI 2 PLIKEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
UMMU COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMMU BAB I.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMMU BAB II.pdf

Download (944kB) | Preview
[img] Text
UMMU BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img] Text
UMMU BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UMMU BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img]
Preview
Text
UMMU DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text
UMMU LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan karakter kerja keras siswa melalui pendekatan kontekstual dengan media barang bekas materi membuat topeng pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Negeri 2 Pliken tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil nontes berupa observasi, pengamatan proses dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan karakter kerja keras siswa. Peningkatan kreativitas siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil observasi kreativitas siswa dari 2,4 pada siklus I dengan kategori cukup menjadi 3,3 pada siklus II dengan kategori sangat baik. Kemudian peningkatan karakter kerja keras siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil observasi karakter kerja keras siswa dari 2,4 pada siklus I menjadi 3,4 pada siklus II. Berdasarkan analisis tersebut bahwa penelitian menggunakan pendekatan Kontekstual dengan media barang bekas pada materi membuat topeng dapat meningkatkan kreativitas dan karakter kerja keras siswa. Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan kreativitas dan karakter kerja keras siswa karena memiliki komponen pembelajaran kontekstual yang salah satunya yaitu pemodelan serta menekankan pada proses keterlibatan peserta didik untuk menemukan materi pelajaran. Artinya, proses belajar diorientasikan pada proses pengalaman secara langsung. Pada pembelajaran ini, guru menjadi model dalam mengerjakan sesuatu dengan memberi contoh cara membuat topeng dari barang bekas yang setiap pertemuannya memiliki tema yang berbeda dan dikaitkan antara pengetahuan yang diperoleh dengan pengalaman langsung siswa sehingga kreativitas siswa dapat berkembang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Okto Wijayanti, S.Pd.,M.A., dan Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: karakter kerja keras; kreativitas; media barang bekas; pendekatan kontekstual; dan SBK;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 02 Nov 2018 03:02
Last Modified: 02 Nov 2018 03:02
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7983

Actions (login required)

View Item View Item