STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU PADA PERKEMBANGAN MORAL SISWA GUNA MENCEGAH TERULANG KEMBALI PERILAKU MENYIMPANG DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

WIBOWO, HERMAWAN ELI (2018) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU PADA PERKEMBANGAN MORAL SISWA GUNA MENCEGAH TERULANG KEMBALI PERILAKU MENYIMPANG DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
HERMAWAN COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HERMAWAN BAB I.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HERMAWAN BAB II.pdf

Download (784kB) | Preview
[img] Text
HERMAWAN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
HERMAWAN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
HERMAWAN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img]
Preview
Text
HERMAWAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
HERMAWAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)

Abstract

Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tatkala manusia berinteraksi dengan manusia lainnya, pendidikanlah yang akan membedakan kualitas interaksi tersebut. Interaksi akan lebih berkualitas ketika didalamnya ditanamkan nilai-nilai kehidupan (etika, nilai, moral, dan norma). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perkembangan moral siswa dikelas IV Sekolah Dasar, peranan guru pada pembentukan moral siswa, dan faktor-faktor yang menghambat perkembangan moral siswa. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam bentuk observasi, wawancara, dan pengumpulan data dokumen sekolah. Data yang diambil dari penelitian ini adalah data kualitatif yaitu data diperoleh dari hasil observasi aktifitas guru dan siswa, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 3 responden yaitu Kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa kondisi perkembangan moral siswa dikelas IV baik. Moral baik siswa tidak terlepas dari peran guru di sekolah. Peranan guru dalam penanaman moral siswa yaitu dengan menerapkan nilai-nilai moral dalam pembelajaran. Guru selalu memberikan contoh moral yang baik kepada siswa untuk diteladani sebagai suatu moral yang baik. Penanaman moral oleh guru tidak berlangsung secara mudah begitu saja, terdapat faktor penghambat dan pendukung perkembangan moral siswa. Faktor penghambat yaitu latar belakang siswa yang berbeda, kurangnya kesadaran siswa, kurangnya pendidikan guru terkait pendidikan moral, dan kurangnya perhatian dari orang tua siswa. Faktor pendukung yaitu adanya komitmen bersama dan fasilitas sekolah yang mendukung seperti sarana prasarana sekolahan yang memadai.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Sri Muryaningsih., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Peran guru; perkembangan moral; perilaku menyimpang;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 02 Nov 2018 02:13
Last Modified: 02 Nov 2018 02:13
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7981

Actions (login required)

View Item View Item