IMPLEMENTASI PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR DALAM MENULIS LANJUTAN MATERI MENULIS SURAT DI KELAS V SEKOLAH DASAR

PRASETYO, AFFRIN BUDI (2018) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR DALAM MENULIS LANJUTAN MATERI MENULIS SURAT DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AFFRIN BUDI COVER.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AFFRIN BUDI BAB I.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AFFRIN BUDI BAB II.pdf

Download (735kB) | Preview
[img] Text
AFFRIN BUDI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
AFFRIN BUDI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
AFFRIN BUDI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img]
Preview
Text
AFFRIN BUDI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
AFFRIN BUDI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan, namun masih banyak siswa yang tidak dapat menulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis lanjutan materi menulis surat di kelas V; 2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi menulis lanjutan materi menulis surat di kelas V: 3) mengetahui strategi yang diterapkan oleh guru dalam pengimplementasian Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis lanjutan materi menulis surat di kelas V di SDN 2 KRJ. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan terdiri dari siswa, guru kelas, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis lanjutan materi menulis surat di kelas V masih belum berjalan dengan maksimal. Siswa masih kesulitan dalam menerapkan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis surat, dan masih tercampur dengan bahasa daerah, penggunaan tanda baca yang masih kurang sesuai. Selain itu tidak adanya media dan sarana-prasarana, serta strategi guru yang kurang tepat mengakibatkan keterampilan menulis surat tidak dapat berkembang. Dari penelitian tersebut dapat diambil kesisimpulan bahwa implementasi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis lanjutan dalam menulis surat di SDN2 KRJ belum berjalan maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd.,dan Sri Muryaningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar; Menulis Lanjutan; Menulis Surat;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 02 Nov 2018 01:35
Last Modified: 02 Nov 2018 01:35
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7978

Actions (login required)

View Item View Item