PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP IPS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

WIDAYANTI, EZKI NURADHA (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP IPS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Pages from SKRIPSI _EZKI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
EZKI BAB I.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EZKI BAB II.pdf

Download (885kB) | Preview
[img] Text
ESKI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img] Text
EZKI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
EZKI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img]
Preview
Text
EZKI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text
EZKI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPS kelas IV di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain nonequivalent pre-test post-test. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tegalreja 01 dan SD Negeri Tegalreja 02 Cilacap. Penentuan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut maka diperoleh kelas IV SD Negeri Tegalreja 01 sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD Negeri Tegalreja 02 sebagai kelompok Kontrol. SD Negeri Tegalreja 01 berjumlah 21 siswa sedangkan SD Negeri Tegalreja 02 berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu pretest dan posttest. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji hipotesis pertama diperoleh data yaitu nilai thitung> ttabel atau 2,668 > 2,017, maka Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran SAVI terhadap kemampuan berpikir kritis kelas IV di Sekolah Dasar. Hasil uji hipotesis kedua diiperoleh data yaitu thitung > ttabel atau 3,421 > 2,017 maka Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran SAVI terhadap kemampuan pemahaman konsep IPS kelas IV di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Sriyanto, M.Pd., dan Badarudin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI); Kemampuan Berpikir Kritis; Pemahaman Konsep;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 02 Nov 2018 01:23
Last Modified: 02 Nov 2018 01:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7977

Actions (login required)

View Item View Item