PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATERI PENYESUAIAN TUMBUHAN DENGAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 CIPAKU

RAMADHANI, FIRDHAUS GINANJAR (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATERI PENYESUAIAN TUMBUHAN DENGAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 CIPAKU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FIRDHAUS COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIRDHAUS BAB I.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIRDHAUS BAB II.pdf

Download (905kB) | Preview
[img] Text
FIRDHAUS BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
FIRDHAUS BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img] Text
FIRDHAUS BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img]
Preview
Text
FIRDHAUS DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text
FIRDHAUS LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih banyak berpartisipasi dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap rasa ingin tahu siswa pada materi penyesuaian tumbuhan dengan lingkungannya di kelas V SD Negeri 2 Cipaku, 2) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap prestasi belajar siswa pada materi penyesuaian tumbuhan dengan lingkungannya di kelas V SD Negeri 2 Cipaku. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest- Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data untuk prestasi belajar menggunakan tes dan untuk sikap rasa ingin tahu menggunakan angket sikap rasa ingin tahu. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan rumus independent sample ttest (uji-t pihak kanan). Hasil pada perolehan angket sikap rasa ingin tahu menunjukkan nilai

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si, dan Arifin Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Group Investigation; Rasa Ingin Tahu; Prestasi Belajar; IPA;
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 01 Nov 2018 02:27
Last Modified: 01 Nov 2018 02:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7967

Actions (login required)

View Item View Item