ANALISIS PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI KEDONDONG

AZIZAH, NOVICA DIMAR (2018) ANALISIS PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI KEDONDONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NOVICA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NOVICA BAB I.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NOVICA BAB II.pdf

Download (806kB) | Preview
[img] Text
NOVICA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
NOVICA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
NOVICA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img]
Preview
Text
NOVICA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text
NOVICA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)

Abstract

Analisis penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri Kedondong dilaksanakan berdasarkan indikator-indikator pendidikan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kurikulum sekolah, proses penanaman dalam pembelajaran, implementasi, faktor pendukung, dan faktor penghambat dalam penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan. Fokus penelitian ini pada indikator-indikator yang harus dicapai sekolah dan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber utama penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas II, guru kelas V, peserta didik kelas II dan peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan dilaksanakan berdasarkan kurikulum sekolah pada kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian; proses penanaman pendidikan melalui kegiatan pembelajaran di kelas dan lingkungan sekolah; implementasi karakter peduli lingkungan dapat dilihat dari delapan indikator yang telah dicapai sekolah, enam indikator yang telah dilaksanakan peserta didik kelas rendah dan kelas tinggi. Peneliti juga menemukan faktor pendukung penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah yaitu sarana dan prasarana serta peran lingkungan sekolah. Selain itu, terdapat faktor penghambat di antaranya kendala waktu pelaksanaan yang belum berjalan secara maksimal dan kurangnya pemberian penghargaan bagi peserta didik yang telah peduli terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd., dan Arifin Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; peduli lingkungan;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 26 Oct 2018 03:33
Last Modified: 26 Oct 2018 03:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7960

Actions (login required)

View Item View Item