PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF STRATEGI PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) DI KELAS VB SD NEGERI SUDIMARA

HIDAYAH, SECHA NUR (2015) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF STRATEGI PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) DI KELAS VB SD NEGERI SUDIMARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Secha Nur Hidayah Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Secha Nur Hidayah BAB I.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Secha Nur Hidayah BAB II.pdf

Download (857kB) | Preview
[img] Text
Secha Nur Hidayah BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
Secha Nur Hidayah BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Secha Nur Hidayah BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
Secha Nur Hidayah Daftar Pustaka.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text
Secha Nur Hidayah Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VB SD Negeri Sudimara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas VB SD Negeri Sudimara pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya melalui model pembelajaran kolaboratif strategi Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE). Subyek penelitian ini berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan dilaksanakan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, 1 pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran (2 x 35 menit). Pengumpulan data diperoleh melalui tes, observasi dan wawancara. Data prestasi belajar diperoleh dari tes evaluasi dan data hasil rasa ingin tahu diperoleh dari lembar angket rasa ingin tahu, sedangkan data aktivitas guru dan aktivitas siswa diperoleh dari lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh ratarata 75,33 kriteria baik dengan ketuntasan belajar sebesar 62,5%. Pada siklus II diperoleh rata-rata 81,16 kriteria baik sekali dengan ketuntasan belajar sebesar 87,5%. Hasil angket rasa ingin tahu siswa diperoleh rata-rata 2,7 dengan kriteria baik. Siklus II diperoleh rata-rata 3,42 dengan kriteria baik sekali. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kolaboratif strategi PDEODE dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya di kelas VB SD Negeri Sudimara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Pratik Hari Yuwono, M.A.
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, IPA SD, Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 17 Feb 2017 08:59
Last Modified: 17 Feb 2017 08:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item View Item