UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAANPADA TEMA PERISTIWA ALAM SEKITAR KITAMELALUI PENGGUNAAN MEDIAPOP UP BOOK DI KELAS I SEKOLAH DASAR

UTAMI, OKSARINI DEWI (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAANPADA TEMA PERISTIWA ALAM SEKITAR KITAMELALUI PENGGUNAAN MEDIAPOP UP BOOK DI KELAS I SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
OKSARINI DEWI UTAMI COVER.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
OKSARINI DEWI UTAMI BAB I.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
OKSARINI DEWI UTAMI BAB II.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text
OKSARINI DEWI UTAMI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
OKSARINI DEWI UTAMI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
OKSARINI DEWI UTAMI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img]
Preview
Text
OKSARINI DEWI UTAMI DAPUS.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
OKSARINI DEWI UTAMI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Keterampilan membaca permulaan di SD Negeri 1 Karangmalang masih rendah, siswa tuntas 51,72% dan siswa tidak tuntas 48,28%, dengan KKM 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan media pop up book pada tema Peristiwa Alam Sekitar Kita di Kelas I Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Karangmalang, yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar penilaian tes praktik membaca, didukung lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah nilai keterampilan membaca permulaan sekurang-kurangnya 80% dari jumlah siswa telah memenuhi KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah ditentukan, yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pop up book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai ketuntasan belajar siswa pada keterampilan membaca permulaan melalui media pop up book. Ketuntasan belajar siswa pada keterampilan membaca permulaan siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan ketuntasan pada siklus I pertemuan 1 sebesar 58,63% dan pada pertemuan 2 sebesar 65,52%. Siklus II pertemuan 1 sebesar 75,86% dan pertemuan 2 sebesar 82,76%. Perolehan ketuntasan belajar pada akhir siklus II telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu >80%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Santhy Hawanti, Ph.D. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pop up book, Bahasa Indonesia,keterampilanmembaca permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 24 Oct 2018 03:21
Last Modified: 24 Oct 2018 03:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7938

Actions (login required)

View Item View Item