PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI MENJELASKAN DAMPAK PENGAMBILAN BAHAN ALAM TERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

TAMARA, NORA ANYA (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI MENJELASKAN DAMPAK PENGAMBILAN BAHAN ALAM TERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Nora Anya Tamara Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nora Anya Tamara BAB I.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nora Anya Tamara BAB II.pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text
Nora Anya Tamara BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img] Text
Nora Anya Tamara BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[img] Text
Nora Anya Tamara BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
Nora Anya Tamara Daftar Pustaka.pdf

Download (664kB) | Preview
[img] Text
Nora Anya Tamara Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keberadaan bahan ajar di beberapa sekolah dan yang belum sesuai dengan syarat LKPD yang baik dan kurang layak untuk digunakan. Tingkatberfikir peserta didik SD kelas IV masihbelumdapatberfikirabstrak.Utuk itu, penulis melakukan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan pendekatan saintifik yang bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan LKPD dengan pendekatan saintifik pada materi menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan di kelas IV; 2) Mengetahui respon guru tehadap LKPD dengan pendekatan saintifik pada materi menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan di kelas IV; 3) mengetahui respon peserta didik tehadap LKPD dengan pendekatan saintifik pada materi menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan di kelas IV; 4) mengetahui pengaruh penggunaan LKPD dengan pendekatan saintifik pada materi menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan di kelas IV. Kondisi faktual meunjukkan bahwa dibutuhkan adanya pengembangan LKPD menggunakan pendekatan saintifik untuk menutup kekurangan dan menyempurnakan LKPD yang telah ada. Proses pengembangan menggunakan model 4-D Thiagarajan, Semel and Semel yang telah dimodifikasi menjadi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. LKPD yang telah divalidasi oleh tiga validator mendapatkan rata-rata 4,77 dengan kategori “sangat valid” dari validator, penilaian guru 4,2 dengan kriteria sangat setuju, respon peserta didik terhadap pemanfaatan bahan ajardalam pembelajaran memperoleh respon sangat baik dilihat dari jumlah peserta didik yang memilih respon sangat baik sebanyak 31, dan jumlah 3 peserta didik memilih baik. Uji coba LKPD dilakukan terhadap nilai pos tes dari kelas eksperimen dan krontrol di uji menggunakan uji t test dengan kesimpulan bahwa Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa to ≤ -t α/2 , atau 1,671 ≤ 2,64 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan LKPD IPA melalui pendekatan saintifik membuat prestasi belajar peserta didik meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Drs. Sony Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: IPA, LKPD, pendekatan saintifik,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 17 Feb 2017 08:22
Last Modified: 17 Feb 2017 08:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item