MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V MATERI AIR MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DI MI MUHAMMADIYAH BESANI KABUPATEN WONOSOBO

HAKIM, ARIF RAHMAN (2015) MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V MATERI AIR MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DI MI MUHAMMADIYAH BESANI KABUPATEN WONOSOBO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Arif Rahman Hakim Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Arif Rahman Hakim BAB I.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Arif Rahman Hakim BAB II.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
Arif Rahman Hakim BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
Arif Rahman Hakim BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
Arif Rahman Hakim BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
Arif Rahman Hakim Daftar Pustaka.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
Arif Rahman Hakim Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)

Abstract

Sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Muhammadiyah Besani termasuk dalam kategori masih rendah. Masih terdapat beberapa siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, baik dalam hal bertanya maupun menyampaikan pendapat di kelas. Prestasi belajar IPA yang mereka peroleh seringkali tidak mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap rasa igin tahu dan prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Besani pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Air melalui meode discovery. Subyek dalam penelitian berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.Manfaat dari penelitian adalah dapa tmeningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Setiap tindakan terdiri dari 2 siklus, 1 siklus terdiri dari 2 pertemuan, 1 pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran (2x35 menit). Teknik pengumpulan data diperoleh melaluit es, observasi dan dokumentasi. Data prestasi belajar diperoleh dari tes evaluasi dan hasil rasa ingin tahu diperoleh dari lembar angket rasa ingin tahu, sedangkan data aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata 78,2 dengan criteria baik, ketuntasan belajar mencapai 75%. Siklus II diperoleh rata-rata 80,8 dengan criteria baik, ketuntasan belajar sebesar 85%. Hasi langket rasa ingin tahu siswa siklus I memperoleh rata-rata 2,81dengan ketuntasan klasikal sebesar 70,37% criteria baik. Siklus II diperoleh rata-rata 3,57 dengan ketuntasan klasikal 89,25% criteria baik sekali. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode discovery dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Besani materi Air.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, M.Pi, M.Pd. dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa InginTahu, PrestasiBelajar, IPA SD, Discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:33
Last Modified: 17 Feb 2017 07:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item