PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI, KERJASAMA, DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN SOSIODRAMA DENGAN STRATEGI ATONG DI KELAS IV SD NEGERI 1 LIMPAKUWUS

SETIYANINGSIH, NIKMAH (2018) PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI, KERJASAMA, DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN SOSIODRAMA DENGAN STRATEGI ATONG DI KELAS IV SD NEGERI 1 LIMPAKUWUS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Nikmah Setiyaningsih_COVER.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nikmah Setiyaningsih_BAB I.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nikmah Setiyaningsih_BAB II.pdf

Download (799kB) | Preview
[img] Text
Nikmah Setiyaningsih_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
Nikmah Setiyaningsih_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
Nikmah Setiyaningsih_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img]
Preview
Text
Nikmah Setiyaningsih_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
Nikmah Setiyaningsih_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi, kerjasama, dan prestasi belajar siswa pada Tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” di kelas IV SD Negeri 1 Limpakuwus dengan menggunakan pembelajaran Sosiodrama dengan Strategi ATONG. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, desain penelitian tindakan kelas ini menggunakan desain PTK Kemmis and Mc.Taggart. Obyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 30 anak yang terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi instrument tes dan non tes. Instrument tes terdiri dari tes tertulis dalam bentuk uraian yang dilakukan pada setiap akhir pertemuan. Sedangkan instrument non tes terdiri dari observasi, angket, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, hasil observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor 68 dengan kriteria baik, siklus II diperoleh skor 83 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I diperoleh skor 73 dengan kriteria baik, siklus II diperoleh skor 88 dengan kriteria sangt baik. Prestasi belajar siswa diperoleh ketuntasan klasikal pada Siklus I Pertemuan 1 dan 2 yaitu 50% dan 63% dan pada siklus II pertemun 3 dan 4 diperoleh ketuntasan klasikal yaitu 83% dan 93%. Sikap toleransi siswa diproleh skor pada siklus I yaitu 73 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh kor 87 dngan kriteria sangat baik. Sikap kerjasama siswa diperoleh skor pada siklus I yaitu 69 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh skor yaitu 88 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, kesimpulan dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan sikap toleransi, kerjasama, dan prestasi belajar siswa menggunakan pembelajaran sosiodrama dengan strategi ATONG siswa kelas IV SD Negeri 1 Limpakuwus.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing Drs. Sri Harmianto, M.Pd., & Aji Heru Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Toleransi, Kerjasama, Prestasi Belajar, Pembelajaran Sosiodrama, Strategi ATONG
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amri H
Date Deposited: 04 Sep 2018 00:43
Last Modified: 04 Sep 2018 00:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7842

Actions (login required)

View Item View Item