MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 KEMBARAN MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF

HIMAWAN, ARIF FEBRI (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 KEMBARAN MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Arif Febri Himawan Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Arif Febri Himawan BAB I.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Arif Febri Himawan BAB II.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
Arif Febri Himawan BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
Arif Febri Himawan BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img] Text
Arif Febri Himawan BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img]
Preview
Text
Arif Febri Himawan Daftar Pustaka.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text
Arif Febri Himawan Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model Problem-Based Learning (PBL) dengan strategi Metakognitif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kembaran yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 dari tanggal 20 Januari sampai dengan tanggal 5 Februari 2015. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Pengambilan data kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh menggunakan observasi sesuai indikator pemecahan masalah siswa dilakukan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian kemampuan pemecahan masalah diperoleh nilai rata-rata 59,5 pada siklus I dengan kriteria cukup baik, nilai rata-rata 68,7 pada siklus II dengan kriteria cukup baik, dan nilai rata-rata 73,2 pada siklus III dengan kriteria baik. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa model Problem-Based Learning (PBL) dengan strategi Metakognitif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kembaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Akhmad Jazuli, M.Si. dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah, model Problem-Based Learning dengan strategi Metakognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:27
Last Modified: 17 Feb 2017 07:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item