INTERAKSI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS I DI SEKOLAH INKLUSI MI SALAFIYAH KEBARONGAN

Apriliani, Ade Rizki (2018) INTERAKSI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS I DI SEKOLAH INKLUSI MI SALAFIYAH KEBARONGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ADE RIZKI APRILIANI_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADE RIZKI APRILIANI_BAB I.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADE RIZKI APRILIANI_BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ADE RIZKI APRILIANI_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)
[img]
Preview
Text
ADE RIZKI APRILIANI_BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ADE RIZKI APRILIANI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img]
Preview
Text
ADE RIZKI APRILIANI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (881kB) | Preview
[img] Text
ADE RIZKI APRILIANI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program inklusi di MI Salafiyah Kebarongan, interaksi sosial anak berkebutuhan khusus, dan mengetahui peran guru dalam mengembangkan kemampuan berinteraksi anak berkebutuhan khusus di MI Salafiyah Kebarongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan penelitian yaitu siswa yang merupakan anak berkebutuhan khusus (ABK), guru kelas, guru khusus, kepala sekolah, dan orang tua siswa ABK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program inklusi di MI Salafiyah Kebarongan sudah berjalan dengan baik. Terbukti dengan peningkatan kualitas guru dengan mengikuti workshop, diklat, seminar inklusi, study banding dan lesson study internal sekolah. Sarana prasarana untuk menunjang pelaksanaan program inklusi juga sedang dibuat guna menciptakan lingkungan yang nyaman dan ramah terhadap siswa ABK. Siswa ABK mampu menjalin interaksi sosial secara wajar dengan siswa normal dan guru tanpa mengalami hambatan. Adapun peran yang dilakukan guru dalam meningkatkan keterampilan berinteraksi siswa ABK yaitu selalu melibatkan seluruh anggota sekolah dalam interaksi yang dilakukan ABK dan membuat program yang sesuai dengan potensi dan bakat siswa ABK.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D, & Agung Nugroho, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, ABK, Peran Guru, Program Inklusi, Lesson Study
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amri H
Date Deposited: 04 Sep 2018 00:17
Last Modified: 04 Sep 2018 00:17
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7839

Actions (login required)

View Item View Item