EFEKTIVITAS PENERAPAN KEGIATAN BERKEBUN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

TOYIBAH, YULIANA INTAN (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN KEGIATAN BERKEBUN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_YULIANA INTAN TOYIBAH_PAUD'18.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_YULIANA INTAN TOYIBAH_PAUD'18.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_YULIANA INTAN TOYIBAH_PAUD'18.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text
BAB III_YULIANA INTAN TOYIBAH_PAUD'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB IV_YULIANA INTAN TOYIBAH_PAUD'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] Text
BAB V_YULIANA INTAN TOYIBAH_PAUD'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_YULIANA INTAN TOYIBAH_PAUD'18.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_YULIANA INTAN TOYIBAH_PAUD'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul efektivitas penerapan kegiatan berkebun terhadap perkembangan bahasa anak usia dini, penelitian ini dilaksanakan di kelompok A TK Darul Qur’an Al Karim Baturraden tahun ajaran 2017-2018 bertujuan untuk apakah adanya efektivitas kegiatan berkebun terhadap perkembangan bahasa anak kelompok A TK A Darul Quran Al Karim Baturraden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Pre Eksperimen dengan desain One group Pretes Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK Darul Qur’an Al Karim Baturraden yang terdiri 3 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan yaitu kelas A sebanyak 16 anak. Instrument pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi perkembangan bahasa anak usia dini yang terdiri dari 10 item pernyataan yang sudah di uji validitas. Instrumen digunakan sebelum peserta didik memperoleh perlakuan (pretest) dan sesudah siswa memperoleh perlakuan (postest). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara perkembangan bahasa anak sebelum dan setelah memperoleh perlakuan berupa kegiatan berkebun. Hasil perhitungan rata-rata skor pretest sebesar 24,69 (61,73%) dan rata-rata skor posttest sebesar 28,19 (70,47%). Hasil pretest dan postest menunjukkan skor rata-rata pretest lebih rendah dari skor rata-rata postest yang mengalami peningkatan sebesar 8,74% yaitu dengan selisih skor sebanyak 3,5. Ha pada penelitian ini adalah kegiatan berkebun efektif dalam meningkatkan bahasa anak. Jika thitung lebih besar dari ttabel maka Ha diterima. Hasil thitung yaitu 14,58 sedangkan ttabel untuk taraf signifikansi 5% = 1,7531 dan taraf signifikansi 1% = 2,6025. Dengan demikian hasil perhitungan uji-t menunjukkan thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor pretest dan rata-rata skor postest.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Yuki Widiasari, S.Sos, MA., dan Drs. H Daliman
Uncontrolled Keywords: perkembangan bahasa, berkebun, anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 30 Aug 2018 02:14
Last Modified: 30 Aug 2018 02:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7838

Actions (login required)

View Item View Item