UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA MATERI MENGENAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI KOMUNIKASI & TRANSPORTASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BANTUAN MEDIA VIDEO PADA KELAS IV DI SD NEGERI 1 KARANG KEDAWUNG

AZIZAH, NUR (2018) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA MATERI MENGENAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI KOMUNIKASI & TRANSPORTASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BANTUAN MEDIA VIDEO PADA KELAS IV DI SD NEGERI 1 KARANG KEDAWUNG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_NUR AZIZAH_PGSD'18.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_NUR AZIZAH_PGSD'18.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_NUR AZIZAH_PGSD'18.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text
BAB III_NUR AZIZAH_PGSD'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
BAB IV_NUR AZIZAH_PGSD'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_NUR AZIZAH_PGSD'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_NUR AZIZAH_PGSD'18.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_NUR AZIZAH_PGSD'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya sikap kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas IV. Sikap kerjasama dapat mempengaruhi proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap kerjasama siswa dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi & transportasi menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media video pada siswa kelas IV. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data kerjasama siswa diperoleh dari angket kerjasama yang diberikan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data kerjasama siswa pada siklus I sebesar 78,54 % dan meningkat pada siklus II sebesar 82,81%. Dampak dari peningkatan kerjasama siswa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 62,5% dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5%. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS menggunakan model Problem Based Learning dengan bantuan media video dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Yudha Febrianta, M.Or., dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, prestasi belajar, Problem Based Learning (PBL) dan media video
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:18
Last Modified: 09 Aug 2018 04:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7796

Actions (login required)

View Item View Item