PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 6 PURWOKERTO

FATIMAH, SITI NUR (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 6 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SITI NUR FATIMAH_MATEMATIKA'14.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SITI NUR FATIMAH_MATEMATIKA'14.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SITI NUR FATIMAH_MATEMATIKA'14.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SITI NUR FATIMAH_MATEMATIKA'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
BAB IV_SITI NUR FATIMAH_MATEMATIKA'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] Text
BAB V_SITI NUR FATIMAH_MATEMATIKA'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
LAMPIRAN_SITI NUR FATIMAH_MATEMATIKA'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) di SMPN 6 Purwokerto. Subyek penelitian adalah siswa SMPN 6 Purwokerto kelas VIIF jumlah siswa 34. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri 2 pertemuan, setiap pertemuan waktunya 2×40 menit dan 3×40 menit. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data kemandirian siswa menggunakan lembar observasi, untuk data prestasi belajar menggunakan tes evaluasi setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemandirian pada siklus I sebesar 1,4 , pada siklus II sebesar 1,5 , dan pada siklus III sebesar 2,1. Untuk prestasi belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata belajar siswa sebesar 31,7 dengan ketuntasan belajar 0% , pada siklus II diperoleh nilai rata-rata belajar siswa sebesar 72 dengan ketuntasan belajar 41,17% , pada siklus III diperoleh nilai rata-rata belajar siswa sebesar 75,4 dengan ketuntasan belajar 85,29%. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika siswa SMPN 6 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pendidikan: Drs. Joko Purwanto, M.Si., dan Erni Widyastuti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Matematika, Kemandirian, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 17 Feb 2017 03:22
Last Modified: 17 Feb 2017 03:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item