PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA SMP NEGERI 1 SOKARAJA

FAJARINA, ELIN (2016) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA SMP NEGERI 1 SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ELIN FAJARINA_MATEMATIKA'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ELIN FAJARINA_MATEMATIKA'16.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ELIN FAJARINA_MATEMATIKA'16.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ELIN FAJARINA_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img] Text
BAB IV_ELIN FAJARINA_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ELIN FAJARINA_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ELIN FAJARINA_MATEMATIKA'16.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ELIN FAJARINA_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian kemampuan komunikasi matematis dan rasa percaya diri siswa yang mengikuti Problem Based Learning lebih baik dibandingkan kemampuan komunikasi matematis dan capaian rasa percaya diri siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan desain post-test only control. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sokaraja. Pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket percaya diri siswa. Hasil post-test kemampuan komunikasi matematis diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 74,70 sedangkan kelas kontrol sebesar 69,78. Hasil data angket percaya diri diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 76,58, sedangkan rata-rata kelas kontrol 71,13. Metode pengujian hipotesis yang pertama menggunakan Independent Sampel T-Test pihak kanan pada masing-masing variabel, diperoleh untuk kemampuan komunikasi matematis nilai Sig.=0,039 dan untuk percaya diri nilai Sig.=0,0345, kedua nilai sig.<0,05. Metode pengujian hipotesis berikutnya adalah menggunakan uji Multivariate of Variance (MANOVA). Hasil analisisnya memberikan nilai Sig. Kelas = 0,032, maka Sig. < 0,05 sehingga H0 ditolak. Disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri siswa yang mengikuti Problem Based Learning lebih baik dibandingkan kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri siswa yang mengikuti pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, M.Si., dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Percaya Diri Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 17 Feb 2017 01:05
Last Modified: 17 Feb 2017 01:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item