PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PURWOKERTO

PINANTIKA, DESKA (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DESKA PINANTIKA_MATEMATIKA'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DESKA PINANTIKA_MATEMATIKA'16.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DESKA PINANTIKA_MATEMATIKA'16.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DESKA PINANTIKA_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img] Text
BAB IV_DESKA PINANTIKA_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_DESKA PINANTIKA_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DESKA PINANTIKA_MATEMATIKA'16.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DESKA PINANTIKA_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan strategi TGT (Team Games Tournament). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 6 Purwokerto tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pertemuan pertama 2 x 40 menit yang digunakan untuk pelaksanaan pembelajaran. Pertemuan kedua 3 x 40 menit, dimana 2 x 40 menit digunakan untuk pelaksanaan pembelajaran dan 1 x 40 menit digunakan untuk tes evaluasi. Tahapan dalam setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan tes uraian yang diberikan setiap akhir siklus. Sementara itu, untuk memperoleh data minat belajar menggunakan angket minat belajar dan lembar observasi minat belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis siklus I sebesar 43,05 dengan kriteria cukup baik, pada siklus II sebesar 60,48 dengan kriteria baik, dan pada siklus III sebesar 75,19 dengan kriteria baik. Selain kemampuan pemecahan masalah matematis, minat belajar siswa juga mengalami peningkatan. Persentase minat belajar pada siklus I sebesar 61,94% dengan kriteria baik, pada siklus II sebesar 71,53% dengan kriteria baik, dan pada siklus III sebesar 80,07% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data-data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan strategi TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 6 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, strategi TGT, kemampuan pemecahan masalah matematis, minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 17 Feb 2017 00:17
Last Modified: 17 Feb 2017 00:17
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item View Item