PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (GI) GRUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP N 2 KUTASARI KELAS VII TAHUN 2017

PRASETYO, ADITYA BUDI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (GI) GRUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP N 2 KUTASARI KELAS VII TAHUN 2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ADITYA BUDI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADITYA BUDI BAB I.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADITYA BUDI BAB II.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
ADITYA BUDI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img] Text
ADITYA BUDI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ADITYA BUDI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img]
Preview
Text
ADITYA BUDI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
ADITYA BUDI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran Gup Investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa di SMP N 2 Kutasari kelas VII. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari 3 variabel, yaitu variabel bebas berupa Gup Investigation (GI) dan variabel terikat berupa pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Kutasari yang berjumlah 210 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling atau sampel kelompok yaitu cara pengambilan sampel secara acak berdasarkan pada kelas kelompok. Satu kelas sebagai kelas eksperimen, satu kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba post test dan angket. Dari hasil post test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 57 dan nilai rata-rata kelas kontrol 48 dan hasil angket diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 36 dan kelas kontrol 33. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa dengan ∝= 0,05 diperoleh hasil 0,024 untuk post test dan 0,000 untuk angket, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Gup Investigation (GI) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs Ahmad, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Investigation Group (GI); Mathematical Problem Solving Ability; Students' Learning Motivation; Grup Investigation (GI),Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Motivasi Belajar Siswa;
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 07 May 2018 03:57
Last Modified: 07 May 2018 03:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7670

Actions (login required)

View Item View Item